Sang Pembelajar

Sang Pembelajar

Kamis, 21 November 2013

Konglomerasi “Host” Program TV

Konglomerasi media tentu dengan jelas kita dapat lihat dan rasakan. Media televisi swasta menjadi objek promosi dan kampanye. Perusahaan televisi swasta memang hanya dikuasai oelh segelintir orang, mulai dari MNC Group milik Hary Tanoesidibjo, VIVA group milik Aburizal Bakrie, CT Corp milik Chairul Tandjung dan MetroTv milik Surya Paloh.

Tanpa disadari bukan hanya pemilik media yang memang secara kasat mata tidak terlihat, tapi juga pengisi acara dari program-program TV swasta pun hanya dikuasai leh segelintir orang. Orang-orang itu adalah Olga Syahputra, Raffi Ahmad, dan Deni Cagur. Tiga nama ini merupakan host dari program Tv yang tayang mulai dari pagi (DahSyat-RCTI) dan pada sore hari (Pesbukers-ANTV) dan malam hati hingga tengah malam (YKS-TransTV).

Dan bila diperhatikan mereka bekerja dibawah 3 grup media TV yang berbeda tiap harinya. Setuju atau tidak tiga orang tersebut yang memang selalu berlalu lalang di layar kaca dengan tayang setiap hari. Sekarang ini memang ada beberapa nama yang memang tetap menjadi rombongan Olga dkk, antara lain; Billy (adik Olga), Tara Budiman, Chan Kelvin, Luna Maya, Jessica Iskandar, dll. Dan mereka pun menjadi sebuah tim yang solid yang setiap hari nongol di layar kaca.
Ini fenomena yang memang tanpa sadar kita rasakan, sehingga memunculkan pertanyaan apakah tim mereka ini akan terus menghiasi layar kaca kita? Dan apakah ini bentuk monopoli mereka sebagai pengisi acara yang tenar?

Kita bisa lihat berapa pundi-pundi meraka yang mereka terima dari konglomerasi ini? Meraka mulai nongol dari pagi sampai tengah malam. Apakah industri program TV kekurangan orang kreatif? (Apr.)

2 komentar:

  1. Di masyarakat kita ada banyak talent-talent yang menurut saya memiliki kemampuan yang lebih daripada nama-nama tersebut. Hanya saja dari kacamata saya (walau sy tidak memakai kacamata :p), media saat ini terlalu "malas" untuk mempromosikan program yang mereka buat dan artis yang mereka gunakan.
    Media saat ini hanya mau yang instan-instan, cepat saji! Bagi mereka, yang terpenting adalah rating dan bagaimana mencapai itu tanpa harus berusaha lebih keras. Jadinya yah gitu......... Pake aja artis (talent) yang udah dikenal masyarakat. Sudah terbukti rating (pasti) naik!

    BalasHapus
  2. betul sekali.. dengan begini kapan orang-orang kreatif seperti kita dan yang lainnya bisa menunjukkan nya kepada khalayak banyak? karena wadahnya sudah dikuasai oleh mereka..

    BalasHapus